Bagaimana cara membuat es kristal yang berkualitas dengan ice maker

Source : alfian pakwa
Es Kristal adalah sebutan untuk es yang telah dipotong kecil-kecil berbentuk tabung atau kubus biasanya bening seperti kaca. 

Dari pengertian di atas jelas disebutkan bahwa ciri utama kristal es yang baik adalah berbentuk potongan kecil yang teratur dan bening seperti kaca.
Source : alfian pakwa
Namun ada juga yang tidak bening sehingga kurang menarik bagi konsumen. Hal tersebut biasanya sangat dipengaruhi oleh kualitas air sebagai bahan baku dalam pembekuan es, karena pada kenyataannya tidak semua daerah mempunyai sumber daya air yang baik.

Untuk mengatasi masalah ini perlu adanya sistem pengolahan air bersih yang baik untuk mendapatkan air yang berkualitas yakni dengan teknologi Reverse Osmosis (RO). 

Source : alfian pakwa
Sistem pengolahan air dengan teknologi Reverse Osmosis menggunakan membran semi-permeble dengan diameter lebih kecil dari 0.0001 mikron (500.000 kali lebih kecil dibandingkan sehelai rambut).

Tentunya untuk menyaring air di membran tersebut perlu pompa bertekanan tinggi agar kandungan zat dalam air seperti kotoran, partikel garam, bakteri dan sebagainya dapat terbuang untuk menghasilkan air yang bersih dan berkualitas.

Setelah tahap pengolahan air diatas selesai maka penting untuk menjaga media tangki pembekuan es kristal. Karena sedikit saja ada partikel kotoran yang masuk ke air, maka es akan keruh.

Namun yang tidak kalah penting yaitu merawat media penyaringan dan mesin pengolahan air secara berkala, misal 1 hari sekali, 3 hari sekali, atau 1 minggu sekali tergantung tingkat kualitas air di suatu daerah. Semakin buruk kualitas air di daerah tersebut, maka akan semakin cepat media penyaringan tersumbat. Dan pemeliharaan mesin es kristal secara berkala sesuai dengan aturan atau petunjuk pemakaian dari pabrik pembuat.

Semoga bermanfaat.
Bersabar dan bersyukur

Posting Komentar

0 Komentar