Cara Mudah Merawat Laptop Tampak Seperti Baru

Assalammualaikum rekan-rekan
Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi cara mudah merawat laptop bagi rekan-rekan yang memiliki aktivitas padat hingga dalam hal perawatannya sering terabaikan. Laptop adalah sebuah barang elektronik yang berharga dalam upaya membelinya tentu berbagai cara masing-masing dari rekan-rekan tempuh. Beberapa penyebab laptop mudah kotor ialah lingkungan berdebu dan noda makanan atau minuman. Oleh karena itu dalam menjaga barang berharga yang dipakai dalam mobilitas sehari-hari tentu hal ini menjadi perhatian penting bagi rekan-rekan. 


Dalam hal ini penulis menjelaskan secara umum perawatan dikatagorikan 2 : 
1. Perawatan standar : meliputi (LCD, Keyboard, Touchpad, Optical Drive, Lubang Usb dan Casing Laptop serta software).
2. Perawatan secara mendalam : meliputi (Sirkulasi udara pada sistem pembuangan panas, pengecekan kinerja ram. sebaiknya didampingi oleh seorang ahli, atau dapat dibawa ke tempat service handal di kota mu.

Namun pada materi ini, penulis akan menerangkan perawatan standar seperti yang telah disebutkan diatas. Sebenarnya cara ini cukup mudah. Berikut alat-alat :
  1. Tisu lembut seperti paseo pack dikota saya +- Rp. 10.000- isi 250 lbr. 
  2. Cairan pembersih noda bebas kuman seperti clear, mr.muscle atau sejenisnya.
  3. Kuas kecil yang digunakan untuk menjangkau celah-celah kecil.
  4. Software utilitis seperti ccleaner yang berfungsi menghapus jejak penggunaan Laptop baik history browsing, Sistem Error, atau sisa-sisa file dari software yang telah di hapus (di uninstal).
Cara penggunaan :
  1. Copot baterai dari laptop;
  2.  Kuaskan perlahan terlebih dahulu ke celah-celah laptop. termasuk keyboard, LCD, Optical Drive dan Lubang Usb.
  3. Ambil beberapa lembar tisu semprotkan cairan pembersih noda secukupnya lalu usapkan ke seluruh bagian laptop secara perlahan dan merata (ingat jangan semprotkan langsung ke laptop). Untuk bagian LCD jangan terlalu di tekan agar tidak terjadi kerusakan.
  4. Bersihkan dengan tisu bersih yang baru.
  5. Setelah selesai langkah diatas lalu pasang kembali baterai dan hidupkan ulang.
  6. Jalankan ccleaner > muncul tampilan berikut :
    Lamanya proses analisisnya tergantung banyaknya data, tunggu hingga selesai 100%. Lalu klik Cleaner.
    Catatan: Untuk pembersihan Optical Drive dapat tekan tombol opennya lalu bersihkan dengan tisu yang telah disemprotkan cairan pembersih noda secukupnya. (jangan sentuh bagian lensa optiknya, cukup debu saja atau kuaskan saja debunya.
 Semoga bermanfaat, bersabar dan bersyukur.

Posting Komentar

0 Komentar