Cara Instal Ulang Laptop Asus Dengan Partisi Hardisk GPT

Assalammualaikum

Pada kesempatan ini penulis ingin membagi tips atau pengalaman tentang cara instal ulang Laptop Asus yang menggunakan partisi hardisk GPT (penulis menggunakan Asus A46C). ini muncul problemnya

Windows Cannot be Installed to This Disk. The Selected Disk is Of The GPT


Apa Itu GPT
GUID Partition Table (GPT) adalah standar untuk tata letak tabel partisi pada hard disk fisik, menggunakan pengidentifikasi unik global (GUID). Meskipun merupakan bagian dari Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) standar (Unified EFI Forum pengganti yang diusulkan untuk BIOS PC), juga digunakan pada beberapa sistem BIOS karena keterbatasan master boot record (MBR) tabel partisi, yang menggunakan 32 bit untuk menyimpan alamat logis blok (LBA) dan informasi ukuran. 

Pada 2010, sebagian besar sistem operasi saat ini mendukung GPT. Beberapa, termasuk OS X dan Microsoft Windows pada x86, hanya mendukung boot dari partisi GPT pada sistem dengan EFI firmware, tapi FreeBSD dan sebagian besar distribusi Linux dapat boot dari partisi GPT pada sistem dengan baik warisan BIOS antarmuka firmware atau EFI.

Beda MBR dengan GPT ?
MBR Partisi Standar Hardisk Generasi Lama kalau GPT Partisi hardisk Generasi Baru lebih kompleks, dapat terintegrasi dengan tampilan bios EFI atau UEFI.


 
Kembali ke problem, 
  1. Siapkan flasdisk utk media booting min.4GB (tested Sony 8)
  2. Unduh Aplikasi Rufus ini linknya.
  3. Buka aplikasi tsb ikuti setting pada gambar berikut:
  4. Setting Bios Cari Pilihan LEGACY USB >Disable
  5. Setting Boot Prioritas Flasdisk 
  6. Save dan Reboot.
  7. Tinggal Menginstal Seperti biasa.  
Semoga bermanfaat, berbagi ilmu itu nikmat











Posting Komentar

0 Komentar